Kamis, 06 Juli 2017

Akankah Ondel-Ondel Masih Menjadi Ikon Jakarta, Setelah Keberadaanya Kini Malah di Salah Gunakan.



Kesenian kebudayaan asli Betawi ini sangat membutuhkan sekali perhatian lebih dari pemerintah untuk tetap terjaga dan tetap dilestarikan. Karena akhir-akhir ini banyak sekali oknum-oknum yang menyalah gunakan ondel-ondel. Seharusnya Pemerintah memberikan tindakan yang cepat agar kesenian kebudayaan asli Betawi ini kembali pada  fungsi dan makna yang sebenarnya agar tidak di pandang sebelah mata.
                Ondel-ondel terbuat dari bambu dengan tinggi kurang lebih 2,5 meter. Bagian bawahnya dibuat menyerupai kurungan ayam untuk memudahkan orang yang membawanya. Wajah ondel-ondel berupa topeng sepasang laki-laki dan perempuan bermuka seram. Dan bagi Anda yang tinggal di Jakarta, mungkin sudah tidak asing lagi melihat ondel-ondel berkeliling di jalan raya yang di manfaatkan sebagai sarana untuk mencari mata pencaharian bagi segelintir orang untuk mendapatkan uang.
            Bukan hanya pada saat siang hari saja, bahkan pada malam hari pun sama saja, masih banyak sekali ondel-ondel yang masih berkeliling pada malam hari. Dan yang lebih miris lagi, sekarang pun mulai banyak anak-anak di bawah umur yang justru malah menjadikan Ikon Kota Jakarata itu untuk mencari uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya, Bila ada yang ingin berkomentar silahkan berkomentar dengan sopan